Kuliah Lapangan untuk Mata Kuliah Pendidikan Anak Luar Biasa Semester Genap 2022/2023

Pada hari Senin, 15 Mei 2023, Program Studi Sarjana Psikologi melaksanakan Kuliah Lapangan untuk Mata Kuliah Pendidikan Anak Luar Biasa Semester Genap 2022/2023. Kuliah Lapangan kali ini mengunjungi SD Negeri 3 Sempidi, salah satu sekolah inklusif di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Badung Provinsi Bali. Lima orang mahasiswa semester IV dan tujuh orang mahasiswa semester VI mengikuti kegiatan Kuliah Lapangan ini didampingi oleh dua orang pengampu yakni Luh Kadek Pande Ary Susilawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Aria Saloka Immanuel, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Selama kegiatan ini, mahasiswa dan dosen didampingi oleh Bu Agung Dewi Megah Antari, S.Pd dan Ms. Ni Wayan Widya Agustini, S.Pd., M.Pd.


Pada Kuliah Lapangan ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung untuk mengamati proses pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Pengalaman yang diperoleh mahasiswa mencakup: 1) Menjalin relasi dengan siswa berkebutuhan khusus dalam konteks pembelajaran dan sosial; 2) Menjalin relasi dengan guru wali kelas yang mengelola kelas inklusif; dan 3) Mengamati lembar kerja, karya, dan juga model penilaian yang dilakukan sekolah kepada siswa berkebutuhan khusus.


Melalui kegiatan Kuliah Lapangan ini, harapannya terjalin komunikasi antara Program Studi Sarjana Psikologi dan SD Negeri 3 Sempidi untuk dapat memberikan ruang belajar bersama, baik bagi mahasiswa dan dosen bersama dengan guru sekolah inklusif di SD Negeri 3 Sempidi.