Kuliah Umum Perencanaan Training

Prodi Psikologi FK Unud melaksanakan seminar yang diadakan secara offline di Ruang Kelas Angayubagia, Lantai 4 Psikologi Fakultas Kedokteran Udayana yang diisi oleh Narasumber dari Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Ibu Reny Yuniasanti, M.Psi., Ph.D., Psikolog. Peserta dari kegiatan tersebut sejumlah 50 orang yang didominasi oleh mahasiswa angkatan 2018,2019, dan beberapa angkatan 2020, 2021 dan 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Ibu Dr. Ni Made Swasti Wulanyani S.Psi., M.Erg dengan memberi sambutan dan menekankan bahwa kegiatan seminar dengan topik perencanaan pelatihan penting untuk dilaksanakan karena akan berguna setelah lulus nanti. Pada saat pemaparan materi, beliau banyak menyampaikan tentang tujuan pelatihan, serta apa yang harus disiapkan (Training need analysis, materi, peralatan teknis, dan evaluasi).

Sesi diskusi berlangsung dinamis, dimana terdapat peserta yang bertanya terkait "bagaimana cara membuat training sebagai bentuk dari benefit" Ibu Reny kemudian menjelaskan bahwa itulah pentingnya selain melakukan evaluasi di akhir, evaluasi di awal adalah suatu hal yang penting, misalnya dalam pengembangan materi, kita kaji ulang sasaran atau tujuan instruksional  sehingga materi yang diberikan memang akan relevan dengan sasaran sehingga hal tersebut akan membuat pelatihan atau training yang diberikan menjadi sebuah benefit. (24/11/2023)